Popbela Teman Wanita Masa Kini

Just do what you want to do. Kerjakan saja.
Jangan pikir, “Saya perempuan, saya harus begini.”
Kerja saja sebaik mungkin yang kamu bisa.
-Susi Pudjiastuti-
(Source: Twitter Popbela)

Sebagai cewek, kita harus selalu update dengan perkembangan jaman yang selalu berubah setiap detik. Seperti trend fashion wanita dan make-up yang selalu berubah, bahan bacaan kita juga terus berganti, sesuai umur. Waktu kecil kita suka baca komik, masuk SMP mulai beli majalah remaja yang isinya tips mencari pacar, kuliah ganti ke majalah yang artikelnya tentang karir, saat menikah dan punya anak yang dibaca majalah parenting atau tabloid gosip sambil belanja online. Karena waktu SMP kita cuma perlu tahu caranya survive di sekolah, tanpa perlu ngerti tanda-tandanya cowok yang kamu pacarin 3 tahun itu bukan “the one“.

J
(source)

Tapi, majalah dan tabloid yang dulu sering kita beli ditukang koran itu, sekarang mulai ditinggalkan. Karena kita lebih sering melihat smartphone dibanding membaca majalah. Informasi yang dulu cuma bisa kita dapet dari majalah, sekarang tinggal buka smartphone, semua berita ada disana, kapan aja dimana aja. Tinggal pilih media digital khusus wanita mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu, ABG, wanita karir, mau menikah, lagi hamil, atau parenting.

K
me waktu tahu chris pratt separated (source)

Salah satu website untuk sumber informasi wanita kekinian adalah POPBELA, yang resmi launching di awal 2016. Website ini merupakan “adik perempuan” dari IDNTimes, the voice of millennials and gen z. Kalo IDNTimes isinya lebih general, POPBELA kontennya khusus ditargetkan untuk wanita Indonesia dengan range usia 20 – 30 tahun-an.

10
fashion, beauty, and lifestyle digital media company for millennials and gen z women in Indonesia click here!


Dalam website-nya, POPBELA menulis bahwa mereka percaya pada 7 pilar utama :
Kesetaraan gender, anti sexual harassment, anti bullying, anti stereotyping, persatuan dalam ras dan etnis yang berbeda, persatuan dalam agama yang berbeda, dan redefining beauty.

11
(source)
12
(source)

Ditengah banyaknya website khusus wanita yang bermunculan, apa bedanya dengan yang lain? Ini review website POPBELA dari sudut pandang aku.

Visual

Seiring berjalannya waktu, koleksi komik kita yang colourfull, penuh gambar dan sedikit tulisan, berganti ke majalah remaja yang full of grapichs dan akhirnya pindah ke majalah yang layout-nya lebih simple. Karena pada akhirnya kita lebih mementingkan isinya dibandingkan visual yang terlalu “ramai”.

M

Karena POPBELA memang khusus ditujukan untuk wanita, website ini punya visual yang cewek banget. Dapat dilihat dari penggunaan warna pink di beberapa bagian, juga gambar dan foto-foto “cantik” sebagai pendukung artikel. Tapi dengan target market umur 20 – 30-an, tampilannya tetap dibuat simple dengan warna putih sebagai background dan warna hitam untuk tulisannya, tanpa menggunakan warna lain yang terlalu banyak. Layout-nya diatur sedemikian rupa agar berita terbaru dapat terbaca lebih dulu dan judul artikel di homepage dibuat dengan ukuran yang cukup besar, tapi tidak membuat website ini terkesan penuh.

Karena tidak banyak motion graphics yang digunakan (hanya running text dibagian paling atas, sama seperti IDN Times), kita dapat menemukan artikel yang ingin dibaca dengan mudah. Navigasi menuju artikel yang mudah dipahami, juga menjadi salah satu alasan website ini terlihat simple, chic namun tetap informatif.

Smartphone Friendly

Sebagai cewek jaman sekarang yang lebih sering menggenggam smartphone dibanding menggenggam tangan pacar, kita butuh website yang smartphone friendly. Jadi dimanapun kapanpun, kita bisa membaca dengan nyaman tanpa harus mengernyitkan mata. Nah, kalo kita buka POPBELA dari smartphone, yang terlihat adalah homepage seperti ini.

N

Navigasi dan desain website yang simple, membuat kita dengan mudah dapat melihat berita apa yang sedang trending. Foto pendukung dan judul artikel memiliki ukuran yang cukup untuk sebuah layar smartphone, membuat kita fokus kepada artikelnya bukan ke gambar yang terlalu besar. Sama seperti website for PC, POPBELA for smartphone juga tidak menggunakan banyak motion graphics. Karena untuk layar smartphone yang rata-rata hanya 5″, motion graphics yang terlalu “berisik” hanya akan membuat pembaca merasa pusing, walaupun untuk layar PC mungkin tidak ada masalah. Huruf yang digunakan dalam artikel juga tidak terlalu besar, sangat nyaman untuk dibaca setiap saat. Baik di dalam KRL Bekasi ataupun di ruang tunggu dokter kulit.

Article

Saat dandan, kita pasti memastikan semuanya lengkap, nggak bisa tuh ketinggalan ngalis atau bibir nggak digincuin. Begitu juga dengan pilihan bahan bacaan, kita pasti mencari 1 website yang lengkap. Dari fashion, beauty, relationship, sampe karir. Dan semua itu tersedia lengkap di POPBELA.

Cara penulisan artikel di POPBELA menggunakan bahasa yang kekinian, ringan dan mudah dicerna. Beberapa artikelnya tidak biasa, tapi tetap menarik dan pastinya up to date dengan keadaan saat ini. Contohnya saat pemerintah labil menentukan libur lebaran, POPBELA mengeluarkan artikel “Perbedaan Peraturan Kerja di Eropa yang Bikin Pegawai di Indonesia Gigit Jari”.

13.png
click here for the article

Yang ternyata pekerja di Uni Eropa itu wajib buat dapet istirahat setelah 6 jam bekerja, jadi mereka masih bisa lihat matahari waktu berangkat dan pulang kerja, nggak kaya di Indonesia yang cuma bisa melihat matahari waktu makan siang aja. Perusahaan di kawasan Uni Eropa juga wajib untuk memeberikan libur minimal 1 hari dalam seminggu. Selain itu, pekerjanya juga mendapatkan jatah cuti 4 minggu atau 1 bulan yang dibayar penuh sama perusahaan dan harus diambil. Kalo disini kita ngajuin cuti libur panjang aja susah banget yah…Jadi bikin pengen kerja di Eropa nggak sih? Tapi kalo inget biaya hidupnya yang gede, jadi pengen disini aja yang masih bisa makan paket Rp. 10.000 di warteg.

Masih tentang artikel di POPBELA, yang unik adalah adanya pilihan sub-article. Jika kita click list artikel dibagian atas, maka akan keluar dropdown menu yang berisi sub-article. Jadi kita bisa memilih artikel mana yang mau kita cari, langsung dari sub-article-nya.

B

Misalnya, kalo kita click beauty, di dropdown menu kita bisa memilih ingin membaca tentang hair, skin, makeup atau health. Karena kalau tidak ada sub-article khusus kulit, kita yang niatnya mau mencari tentang skin care, harus scrolling dan click semua search result karena yang keluar lebih banyak artikel tentang make-up. Tapi nggak dengan POPBELA, kalo kita mau mencari artikel tentang skin care, kita nggak perlu melihat artikel lain tentang make-up. Cukup dengan click skin dari dropdown menu beauty, semua artikel yang muncul khusus tentang skin care. Lebih gampang kan.

Weekend ini ada reunian SMA dan ada kemungkinan ketemu gebetan abadi, terus bingung harus pake baju apa?

1-e1526306110446.png

Click Fashion dan kamu bisa menemukan ide mix and match dan inspirasi gaya berbusana celebrity di Style & Trends. Nggak perlu bingung lagi sama black skirt kamu yang udah lama kesimpen di lemari itu, karena masih bisa di mix and match biar keliatan lebih stylish. Atau tips biar penampilan kamu makin chic dengan kitten heels yang kamu beli waktu ada sale di mall. Because Cinderella is proof that a new pair of shoes can change your life.

Bosen sama fashion lama kamu?

1

Di Look For Less kamu bisa menemukan #PopbelaOOTD. Click hashtag ini dan kamu bisa dapet inspirasi fashion from head to toe, dari hair piece sampai sepatu, dengan style yang berbeda-beda. Dari sporty, chic, edgy sampe fashion untuk ke kantor. Asiknya, di #PopbelaOOTD ini selain memberikan inspirasi fashion, juga ngasih kamu contoh-contoh fashion outfit yang unik dan menarik, dengan merk dan harga yang udah ditulis lengkap. Kalo kamu tertarik dan mau beli tas atau sweater yang di-feature disini, kamu tinggal click brand-nya dan akan langsung “dibawa” ke website aslinya. Nggak perlu repot harus googling lagi.

F

Outfit udah maksimal, make-up dan hairstyle nggak boleh ketinggalan dong.
Kamu bisa menemukan semua yang berhubungan dengan kecantikan di Beauty. Bosen dengan rambut yang setiap hari dicatok atau diikat pony tail, atau kamu mau ubah gaya rambut karena selalu rontok? Semua tips merawat rambut, model rambut wanita, bahkan warna rambut paling hits bisa dilihat di Hair.

2-e1526395897451.png

35

Sebelum tergoda beli skin care gara-gara lihat artis Korea yang mukanya bening banget kaya air minum kemasan di minimarket, coba kamu baca dulu Skin. Ada Tips skin care dan cara merawat wajah sesuai kondisi kulit kamu, lengkap. Jangan sampai wajah kamu malah berjerawat karena skin care yang nggak cocok. Semua cewek pasti suka make-up, walaupun sekedar pakai lipstick dan eyeliner. Nah, di Make Up kamu bisa menemukan tips, hacks, inspirasi make-up celebrity, produk-produk terbaru, pokoknya yang berhubungan dengan kosmetik semua ada disini.

The greatest wealth is health.

4

Mau cantik, kulit bersih, punya tas Kate Spade selemari, tapi kalo sakit udah susah deh. Semuanya jadi berasa nggak enak. Wanita punya masalah kesehatan sendiri yang berbeda dari laki-laki. Dari siklus haid yang nggak teratur, sakit saat PMS yang mulai mencurigakan, HPV dan kanker payudara, sampai pentingnya minum air putih dan olahraga. Semua bisa kamu baca di Health.

Umur 20 – 30-ish adalah masa-masanya mulai muncul pertanyaan,
“Kapan nikah?”
“Mana pacarnya?”
“Kamu belom ada niatan nyusul kakak kamu?”

3-e1526308824774.png

Artikel paling cocok untuk cewek-cewek yang udah bosen sama pertanyaan ini adalah Relationships. Apapun status hubungan kamu sekarang, POPBELA punya artikel untuk kamu. Ada artikel untuk memperbaiki diri agar cepat mendapat pendamping yang baik untuk si Single, artikel tentang memilih undangan buat yang lagi mempersiapkan pernikahan atau untuk yang masih jetlag karena baru Married, dan pastinya artikel buat yang lagi berbunga-bunga karena akhirnya sukses Dating sama gebetan.

Kamu percaya kalo cewek Libra cocok dengan cowok Taurus atau kamu si Aquarius lagi bimbang buat pacaran sama cowok Cancer karena katanya dia akan bikin hubungan kalian terlalu mengikat? Kalo iya, kamu bisa cek peruntungan, asmara sampai kenapa gebetan kamu yang Sagitarius itu tiba-tiba nggak ada kabarnya di Zodiak. Ini bukan ramalan zodiak biasa, buktiin dulu apakah yang tertulis disitu sesuai kepribadian kamu apa nggak.

67

Buat yang sudah menikah, POPBELA punya artikel khusus Sex untuk kamu. Walaupun kelihatannya nggak biasa, tapi sebenernya ini bukan topik yang tabu buat dibicarakan. Karena sebagian besar majalah wanita dewasa pasti punya artikel tentang sex.

Last but not leastCareer. Let’s be real, nggak semua orang beruntung soal pekerjaan. Yang baru lulus bingung cara bikin CV, ada yang udah lama lulusnya tapi belom juga dapet pekerjaan, ada yang pekerjaannya udah enak tapi gajinya masih kurang, ada juga yang gajinya cukup tapi masih pengen ngejar mimpinya, bahkan mungkin ada yang udah kerja sesuai passion tapi rasanya belom puas juga. Gimana caranya menghadapi semua masalah ini, bisa kamu lihat di Working Life.

4.png

2

Butuh motivasi untuk menghadapi dunia kerja atau dorongan untuk mendapatkan passion kamu? Silahkan click Inspiration untuk cerita dibalik orang-orang sukses dan perjalanan career para celebrity. Nggak cuma inspirasi tentang dunia kerja aja yang ada disini, tapi juga inspirasi bagaimana cara menghabiskan weekend kamu setelah lelah bekerja.

Search Page

Suatu hari kamu lagi asyik baca artikel tentang skin care di POPBELA, trus baru inget kalo harus cari rekomendasi lipstick baru buat kondangan Sabtu ini. Kamu nggak perlu balik lagi ke homepage, tinggal click icon lup disebelah kanan atas untuk masuk ke search page.

G

Search result-nya terlihat simple dengan langsung menampilkan artikel yang dicari plus foto pendukungnya. POPBELA tidak menggunakan search page melalui google search, yang malah akan membuat tampilan website terlihat penuh dengan huruf yang terlalu kecil. Kalo kamu mau keluar dari halaman search result, dibagian kanan atas terdapat icon x untuk keluar dan kembali ke halaman yang terakhir kamu baca, jadi nggak perlu balik homepage lagi.

#POPCreator

55-e1526310534697.png

E
behind the scenes of #POPCreator April 2018 Yura Yunita (source)

#POPCreator adalah artikel khusus dari POPBELA. Jadi setiap bulan akan dipilih 1 celebrity Indonesia yang nggak cuma cantik, tapi juga berprestasi dibidangnya. #POPCreator ini ibarat model cover depan majalah gitu lho. Konsep foto-foto #POPCreator itu niat banget, beneran kaya pemotretan cover majalah. Ada juga interview yang membahas semua tentang celebrity tersebut, dari style & trends, make-up, relationship, career, sampai cerita tentang diri mereka yang mungkin kamu belum tahu. Intinya bikin kamu lebih mengenal idola kamu.

8

Kita juga bisa melihat behind the scenes sesi pemotretan para #POPCreator dan bagaimana mereka menjawab pertanyaan POPBELA di “13 Questions with…” di channel Youtube-nya POPBELA.

Quiz

Ini yang bikin POPBELA mirip sama majalah wanita. Quiz disini bukan yang ada hadiahnya yah, tapi lebih ke personality quiz. Mirip-mirip Buzzfeed lah, tapi kalo Buzzfeed kan quiz-nya random, kalo POPBELA tetap sesuai tujuan utamanya, tentang wanita. Mungkin beberapa orang ada yang berfikir kalo quiz kaya gini kayaknya kurang berfaedah, tapi banyak lho yang masih suka sama quiz model begini.

9

Kalo hasilnya bagus pastinya percaya, minimal senyum lah. Kalo ternyata nggak seperti yang diharapkan, ya udah dilupain. Anggep aja iseng-iseng kalo lagi nggak ada kerjaan di kantor. Aku harap sih artikel ini cepet update lagi. Buat pertanyaan yang lucu atau bahkan random aja sekalian. Misalnya,

“Pilih rasa es krim favoritmu dan kamu akan tahu tokoh Avengers yang cocok jadi pendamping kondangan kamu.”
“Apakah bagian yang paling menarik dari dirimu? Tentukan dengan memilih clothing items ini.”
“Rancang liburan impianmu disini, maka itu akan menentukan bagaimana perilaku kamu saat sedang jatuh cinta.”

Makin nggak masuk akal, pasti orang makin iseng pengen nyoba. Paling nggak mikir kaya gini waktu lihat judulnya,

“Masa sih?”
“Emang bener yah?”
“Ya kali dari milih ginian aja terus bisa tahu.”

H
(source)

Suggestion

Saran buat POPBELA dari aku, bagaimana jika ada artikel utama tersendiri untuk kuliner dan travelling. Sejak Instagram dan Insta Story booming, dan semua orang bisa posting kapan aja dengan mudah dan cepat, sebagian besar yang di-post pasti tentang makan-makan atau liburan. Ngumpul arisan di restaurant, ketemuan abis pulang kerja di cafe, ada tanggal merah berderet pergi liburan keluar kota atau keluar negeri.

17.png

16

L
jeung Beyonce bersabda (source)

Kuliner dan travelling ini sebenernya udah ada di POPBELA, tapi dibawah sub-article  Inspiration. Akan lebih mudah dicari jika 2 topik itu punya artikel utama tersendiri. Misalnya ‘Recommendation’. Selain tempat makan dan lokasi liburan, POPBELA juga bisa memasukkan rekomendasi film dan lagu yang lagi hits disini.

Kalo kalian, sebagai cewek kekinian, apa yang kalian cari kalo buka website khusus wanita?
Atau ada saran biar website wanita sekarang makin berkibar kaya rambut-nya jeung Beyonce?
Tulis di komen yaaaa…

sg_0EQiw6arFZ
(source)

POPBELA. Pour la belle…

.

.

Semua screenshot dan gif POPBELA diambil dari sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s