Makan Makanan Padang Di Padang (Sebuah Cita-Cita)

Nasi putih panas, ayam bakar di satu sisi piring, ditambah rendang dengan bumbunya yang menutupi sebagian nasi, disiram kuah gulai tunjang, sambel ijo dan daun singkong duduk rapih di pinggir plus kerupuk kulit dan teh tawar hangat. Terlihat enak yah. Akupun menulis sambil menahan keinginan kabur ke RM. Padang. Tapi pernah ada masanya aku sama sekali nggak suka makanan Padang,

Dulu waktu SMP, aku kesel banget setiap diajak ke RM. Padang sama keluarga. Nggak tau juga kenapa, kayaknya sih gara-gara pedes. Soalnya aku emang nggak suka pedes dari kecil. Sampe suatu hari……aku iseng nyobain bumbu rendang di piringnya Mamah. Soalnya aku liat mereka makan lahap banget, kaya enak banget gitu. Waktu bumbu rendang itu masuk ke mulut, kaya ada cahaya muncul dari piring,

K
(source)

“Kenikmatan duniawi mana yang selama ini aku lewatkan, ya Tuhan??”

Mulai hari itu aku jadi suka banget sama masakan Padang. Dan sejak banyak acara jalan-jalan di TV, terus food blogger dan food vlogger mulai bermunculan, aku dapet pencerahan apa yang mau aku lakukan,

“Pengen makan makanan Padang di Padang!!”

*by the way, kata Padang disini, maksud aku Sumatera Barat ya. Secara, Padang kan cuma salah 1 kota dan nggak semuanya disini adalah makanan Padang. Jadi tulisan ini mencakup semua makanan di Sumatera Barat.

Setelah nonton Youtube ini itu dan baca review sana sini, inilah tujuan liburan impianku di Sumatera Barat.

1. Jam Gadang, Bukittinggi

17
kesini biar sah jadi turis di sumatera barat (source)

Jam simbol kota Sumatera Barat yang dibangun tahun 1826 ini memiliki tinggi 26 m dan berlokasi didalam taman seluas 100 m2. Jam Gadang merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada sekretaris kota, Rook Maker. Nggak ke Sumatera Barat rasanya kalo belom ke Jam Gadang. Tapi diluar sejarah panjang dan misteri angka 4 romawi di angka jam tersebut, ada jajanan khas yang nggak boleh dilewatin.

Kerupuk Siram alias Kerupuk Mie

Jajanan ini adalah semacam kerupuk yang salah 1 permukaannya disiram dengan kuah kari sate Padang, lalu ditaburi bihun atau mie goreng (yang sudah ditumis dengan bumbu). Ada beberapa pedagang menambah kuah cabe atau bumbu kacang lagi di atas mie. Kerupuk ini terbuat dari ubi kayu yang ditumbuk halus lalu dicetak berbentuk lingkaran, seperti Opak gitu.

C
kerupuk pake bumbu sate padang (source)

Pedagang kerupuk mie ini biasa berjualan ditempat-tempat wisata. Di area Jam Gadang saja bisa sampai 10 orang. Mulai dari yang memakai gerobak sampai yang berjualan dengan keranjang plastik seperti diatas. Harganya lumayan murah, antara Rp. 2.000 sampai Rp. 5.000.

2. Nasi Kapau

Selagi ada di daerah Bukittinggi, sayang banget kalo nggak nyobain Nasi Kapau. Ciri khas nasi kapau bisa dilihat dari display makanannya. Lauk pauk diletakkan di tempat-tempat besar dan disusun bertingkat. Nah, penjualnya duduk di belakang makanan tadi, yang tempatnya lebih tinggi dari bangku pembeli. Jadi kalo kita datang, kita bisa langsung pilih lauk yang kita mau, nanti penjualnya akan mengambil pesanan kita dengan centong bertangkai panjang.

B
nasi kapau ni er (source)

Kebayang nggak sih didepan mata ada makanan menggunung kaya gini. Harus banyak-banyak berdoa biar nggak khilaf. Nasi kapau terkenal banget sama gulai tunjang, pangek ikan mas dan gulai tambunsu (gulai usus yang diisi telur). Belom lagi masakan khas Minang-nya, rendang dan dendeng batokok, dengan garnish sayur kapau, yaitu nangka, kol, dan sayuran lainnya yang diguyur kuah santan khas kapau. Asli sih, liat fotonya aja aku langsung laper lagi padahal baru makan malem.

18
nasi kapau uni lis (source)

Nasi kapau ini banyak terdapat di Pasar Lereng Los Lambuang. Kalo yang terkenal banget itu “Nasi Kapau Uni Lis”, tapi kalo mau cobain tempat yang lain juga bisa. Rekomendasi lainnya ke “Nasi Kapau Ni Lis” atau “Nasi Kapau Ni Er”. Yang mana aja boleh sih, aku yakin kok rasanya sama-sama ngangenin.

3. Ngarai Sianok

23
cantik banget (source)

Ngarai Sianok terletak di perbatasan Kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Disini kita nggak cuma bisa melihat pemandangan lembah yang curam tapi cantik aja, tapi kita juga bisa melihat sungai yang mengalir di kawasan ini.

Kembali ke tujuan utama kita ke Sumatera Barat adalah buat makan. Di dekat Ngarai Sianok, tepatnya di dasar lembah yang masih merupakan gugusan Ngarai Sianok dan Tabiang Takuruang, terdapat sebuah cafe bernama Taruko Café & Resto.

I
pemandangan sekitar taruko cafe (source)

Lokasinya kira-kira 10 menit dari Taman Panorama Bukitinggi. Tempat ini berada di dasar ngarai dengan sungai berbatu dan tebing disekitarnya. Bangunan restaurant ini terbuat dari kayu dengan interior yang berupa open space tanpa dinding, sehingga angin sepoi-sepoi bisa masuk. Dan di salah 1 sudutnya terdapat live music akustik.

PhotoGrid_1524578994951
beberapa makanan dan minuman di taruko cafe (source)

Tempat ini lebih cocok disebut restaurant dibandingkan cafe. Karena mereka tidak hanya menyediakan kopi atau makanan ringan, tapi juga menyediakan makanan berat dengan harga yang reasonable. Yang menarik dari tempat ini adalah suasana sekitarnya yang asri dan masih asli. Sambil menikmati makan siang, kita ditemani pemandangan yang hijau dengan suara gemericik air sungai.

4. Itiak Lado Mudo Ngarai Sianok

Udah sampai Ngarai Sianok, ya pastinya harus makan Gulai Itiak Lado Mudo di Jl. Ngarai Binuang No. 41. Karena tempatnya yang dekat dengan Ngarai Sianok, jadi kita bisa menikmati sejuknya suasana ngarai sambil menggigit empuknya daging itik dengan bumbu cabe hijau-nya.

D
penampilan itiak lado mudo (source)

Kalo disuruh milih bebek sama ayam, aku akan langsung nyebut bebek! Aku udah lama penasaran mau nyoba itiak lado mudo ini. Walaupun nggak suka pedes, tapi kayaknya kalo sambel ijo aku masih kuat (hmmm……kayaknya sih……)

H
empuk banget cobaaaa (source)

Bebek yang dipake adalah bebek muda berumur sekitar 6 bulan yang dimasak bersama bumbu selama 48 jam. Makanya bebeknya nggak amis dan empuuukkk banget. Waktu digigit, daging bebek ini langsung copot dari tulangnya, selembut itu dong. Bumbunya yang pedas dan gurih juga meresap banget sampe ke dalam daging dan tulangnya.

5. Sate

Sate yang biasa kita sebut sate Padang ini, di Sumatera Barat sendiri ada berbagai jenis dengan bumbu yang berbeda juga. Yang mana yang mau aku coba? Ya…semuanya lah…Namanya juga cita-cita. Ini 3 jenis sate di Sumatera Barat.

Yang pertama ada sate Darek dari kota Padang Panjang. Sate jenis ini memiliki kuah gurih dan pedas yang berwarna kuning cerah. Sate Darek ini bisa dicoba di Sate Mak Syukur, yang udah ada cabangnya di Jakarta.

E
sate mak syukur (source)

Ada juga sate Pariaman. Kuah yang berwarna merah kecokelatan merupakan ciri khas dari sate Pariaman asli. Kuah ini memiliki rasa pedas yang jauh lebih dominan dari kuah sate darek. Kalo ingin mencoba, kita bisa ke kedai sate Mak Apan.

Yang terakhir adalah sate Danguang-Danguang khas Payakumbuh. Cita rasa khas-nya terdapat pada kuah kental yang berwarna kuning kecokelatan, dengan rasa yang gurih dan agak manis tapi bumbunya tidak terlalu tajam. Pondok Sate Dangung Dangung Asli adalah salah 1 tempat buat ngicipin sate jenis ini.

6. Ongkrongan Turagari (Lontong Telor & Bubur Kampiun)

Tempat makan yang berada di Jl. Veteran No. 68 ini menyediakan lontong telur, bubur kampiun dan teh talua. Nama tempat ini memiliki arti, Ongkrongan yaitu tempat nongkrong dan Tugagari berarti 1 putra 3 putri, jumlah anak dari si pemilik.

A
nyam! (source)

Lontong Telur merupakan ketupat yang disiram dengan kuah dan ditaburi irisan kentang goreng tipis plus telur balado. Kita bisa minta kuahnya dicampur, antara kuah pakis, kuah lontong, dan kuah nangka. Sederhana tapi pasti rasanya nyam banget. Secara aku suka banget lontong sayur Padang.

19.png
makan sepiring juga udah kenyang (source)

Bubur Kampiun juga nggak boleh dilewatkan. Bubur kacang ijo, bubur ketan hitam, kolak pisang dan ubi, ditambah dengan sesendok bubur sumsum yang gurih, tidak membuat bubur kampiun ini terlalu manis. Rasanya seimbang antara manis, gurih dan asin.

F
katanya rasanya enak banget. karamel gimana gitu (source)

Makan disini nggak lengkap kalo nggak minum Teh Talua. Kuning telur dengan gula, yang ditambah seduhan air teh dan susu kental manis, cocok untuk menambah stamina setelah seharian jalan-jalan di Sumatera Barat.

7. Pulau Cubadak

Selesai makan, makan, dan makan. Istirahat perut sambil leyeh-leyeh ditemenin angin pantai kayaknya oke juga yah. Aku menemukan 1 pulau yang baguuussss di Sumatera Barat. Namanya Pulau Cubadak.

22
ada pulau begini di indonesia (source)

Pulau Cubadak berada di kawasan Pulau Mandeh, Sumatera Barat dan memiliki luas sekitar 40 km2. Pulau ini dulunya adalah pulau bekas kawah yang tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat singgah para nelayan. Sampai akhirnya, sebagian Pulau Cubadak dibangun sebuah resort mewah oleh pihak asing, Paradiso VillagePondok-pondok penginapannya terletak tepat di depan pantai. Kita bisa pilih mau menginap di bungalow diatas air (rumah panggung) atau yang didarat seperti biasa.

20
berasa di luar negeri nggak sih (source)

Yang membuat Pulau Cubadak ini spesial adalah alamnya yang masih indah, asri dan sangat bersih. Dari pepohonan yang rimbun dan hijau, pasir putih, sampai kehidupan underwater-nya yang sangat terjaga. Nggak heran kalau pulau ini jadi salah 1 spot menyelam favourite untuk para diver. Selain diving dan snorkeling, disini kita bisa trekking ke atas bukit Cubadak, jalan-jalan di pinggir pantai, atau bisa juga keliling pulau dengan speed boat untuk melihat sunset.

21
kehidupan lautnya masih terjaga banget ini (source)

Dari kota Padang, kita harus menuju Pantai Carocok terlebih dahulu di Kota Painan lewat jalan darat sekitar 2 jam, dengan medan yang cukup menantang. Lalu menggunakan speedboat, kita melanjutkan perjalanan selama 15 – 20 menit ke Pulau Cubadak.

banner-instagram-JD-Flight-Blog-Competition-768x768

Tujuan liburannya udah dapet, selanjutnya adalah hal yang paling penting. Gimana caranya kita ke Sumatera Barat? Aplikasi ticket online booking emang udah banyak betebaran dimana-mana. Tapi aku menemukan 1 aplikasi online booking baru dengan fitur-fitur menarik yang baru aku lihat.

JD Flight

Selama ini aku cuma tahu kalo JD.id itu tempat belanja produk-produk ORI. Dari HP, tas, lipstik, sampe popok bayi. Tapi, baru tahu kalo di JD.id ternyata kita juga bisa dengan mudah pesan tiket pesawat.

5

Kalo buka JD Flight, dibagian paling bawah kita akan menemukan tulisan “Powered by traveloka”. Jadi, nggak heran kalo lewat JD Flight kita bisa dapet tiket pesawat murah. Oh……dan nggak cuma murah, tapi juga mudah. Karena fitur urutkan dan filter-nya membuat kita lebih mudah mencari tiket pesawat sesuai keinginan dan kemampuan kita.

Di fitur urutkan, selain kita bisa melihat dari harga yang termurah, kita juga bisa mengurutkan penerbangan sesuai durasi dan waktu berangkat juga waktu tiba, dari yang tercepat sampai terlama.

6-e1524578867912.png

Nah, fitur filter ini yang keren. Kita bisa filter durasi penerbangan mau berapa lama, kapan waktu berangkat, dan kapan waktu tiba. Atau misalkan kamu fans maskapai tertentu, kamu juga bisa filter agar hasil pencariannya hanya mengeluarkan maskapai itu saja.

Buat yang sering keluar negeri, kita bisa filter mau transit atau nggak. Jika kita memilih buat transit dulu karena pengen sekalian jalan-jalan, kita bisa pilih mau 1x atau 2x transit dan lokasi transitnya pun bisa kita tentuin dari awal. Contohnya, kalo aku mau ke Singapore, aku bisa milih mau transit dulu di Kuala Lumpur, Bali, Surabaya, Semarang, Yogyakarta atau 5 kota lainnya. Dan yang paling penting, filter harga juga nggak ketinggalan.

PhotoGrid_1524579514301

Kalo ternyata penerbangan yang kita mau nggak ada, kita bisa mundurin atau majuin tanggalnya langsung dari fitur dibagian bawah, tanpa harus mengulang dari awal. Jadi pilihan yang keluar nantinya bener-bener hanya penerbangan yang yang sesuai keinginan kita. Nggak perlu lagi ngecek semua hasil penerbangan yang bisa lebih dari 40 result.

12

JD Flight nggak cuma fitur-nya aja yang berbeda dari aplikasi booking lain, tapi mereka juga punya promo tiket pesawat juga promo tiket tempat wisata yang nggak boleh dilewatin. Pilihan pembayarannya juga banyak, atau kalo kita mau cicil pembayarannya, kita bisa pilih cicilan 3 bulan. Lengkap deh pokoknya.

25
promo JD Flight bulan inih

Tapi……yang namanya liburan nggak cuma soal penerbangannya aja, penginapan nggak boleh lupa dipikirin. Nggak usah ribet-ribet ganti applikasi, cukup di JD.id lagi. Yes, kita bisa booking penginapan di JD Hotel. Sama seperti JD Flight, JD Hotel juga punya fitur-fitur keren yang bikin kita tambah gampang buat booking penginapan. Dari filter, urutkan, sampe peta.

Kita bisa mengurutkan penginapan mulai dari harga, popularitas dan jumlah review-nya. Selain itu, di fitur filter kita juga bisa memilih mau mencari penginapan yang seperti apa. Mulai dari bintang berapa, harga per malam, sampai tipe penginapannya (hotel, villa atau apartement). Iya, kamu nggak salah baca. Apartement!

14.png

13.png

Kayaknya baru ini aku liat ada applikasi booking yang menawarkan apartement. Menurut aku, dilihat dari fasilitas yang kita dapet, sewa apartement akan lebih murah dibandingkan hotel. Hampir semua apartement pasti ada dapur dan ruang TV, cocok buat yang pergi liburan bareng temen atau keluarga. Dibanding booking 3 kamar hotel, kita bisa cari apartement 3 kamar dengan ruang TV buat ngobrol-ngobrol. Selain itu, kita juga bisa menghemat biaya makan. Tinggal beli mie instan sama telur, trus masak sendiri di apartement.

Kadang kita suka bingung kalo cari penginapan di tempat yang belom familiar.
Jauh nggak sama tempat wisata yang mau kita datengin nanti?
Deket nggak sama jalan besar yang banyak tempat makan?

16.png

Nah! Di JD Hotel, kita tinggal buka fitur peta, nanti keluar deh penginapan ini dengan harga segini lokasinya dimana. Jadi kita tinggal liat di peta, seberapa jauh penginapan itu sama tempat-tempat yang mau kita datengin. Atau kita bisa pilih penginapan yang letaknya dekat dengan tempat tujuan wisata kita. Jadi nggak perlu repot lagi buka applikasi booking dan google map barengan.

J
(source)

Belanja di Jd.id, #DijaminOri
Liburan di Jd.id, #DijaminLiburan #DijaminPenuhMemori

Advertisements

8 thoughts on “Makan Makanan Padang Di Padang (Sebuah Cita-Cita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s