Kulit “Cling” Luar Dalam!

Semua wanita pasti mau punya kulit mulus. Tapi sayangnya nggak semua lahir dengan perfect skin. Sementara sebagian memutuskan untuk menyelesaikan masalahnya di dokter kulit, sebagian lainnya merasa cukup dengan melakukan skin care routine. Inget, nggak cuma wajah aja yang perlu dirawat, tapi tubuh juga harus diperhatikan.

P

Sebenernya formula make-up sekarang udah bagus banget, bahkan ada foundation dan concealer yang coverage-nya sampai bisa nutupin dosa masa lalu.

Tapi, mau make-up-nya semahal apapun, kalo kulit muka kita nggak fresh, hasilnya tetep aja nggak maksimal. Buat aku yang nggak jago make-up (walau sering nonton Youtube), aku lebih memilih buat menjaga wajah tetep bersih, biar nggak perlu make-up banyak-banyak. Kaya wanita Korea, yang nggak usah pake foundation aja kulitnya udah mulus kaya jalan tol baru.

Sekarang kan 10 step Korean skin care lagi booming di mana-mana, dengan produk yang lebih banyak dari jumlah buah yang kita makan setiap hari. Menjaga kulit wajah bukan hanya dari banyaknya skin care yang kita pake, tapi juga hal-hal kecil yang sebenernya penting.

1. Cuci Muka Dengan Tepat

Cuci muka adalah step paling penting dari setiap perawatan kulit wajah. Karena kalo dasarnya nggak bersih, yang di atasnya juga pasti nggak bagus. Sebelum mulai cuci muka, jangan pernah lupa untuk cuci tangan. Penting, karena kalo kamu lupa, semua kotoran dan bakteri yang ada di tangan akan pindah ke wajah.

G
pastikan tangan bersih sebelum muka bersih (source)

Setelah wajah bersih, cara mengeringkan yang benar adalah menepuk-nepuk dengan handuk kering, bukan digosok. Untuk handuk muka, sebaiknya kamu punya 1 handuk khusus dan terpisah dengan handuk badan. Pastikan juga handuk ini benar-benar kering sebelum kamu pakai ya, karena handuk yang lembap akan mengundang bakteri.

Handuk ini sebaiknya diganti setiap beberapa hari atau paling lama seminggu sekali. Kalo kamu anaknya pelupa atau males buat ganti handuk sering-sering, kamu bisa ganti handuk dengan tissue. Caranya sama, dengan ditepuk-tepuk pelan. Selain lebih aman buat muka, cara ini bisa menghemat tissue yang kamu gunakan.

B
ditepuk-tepuk agar muka nggak kegesek dengan permukaan handuk (source)

Pulang kerja malem?
Abis ketemu temen sampe pagi dan capek banget?
Ngantuk banget karena abis begadang dan udah males gerak buat cuci muka?

Namanya juga pejuang ibukota ya, sekali-kali males buat cuci muka sih wajar. Buat mengantisipasi kejadian kaya gini, kamu bisa nyimpen face wipes di deket tempat tidur. Face wipes bisa membersihkan kotoran, debu, minyak dan sisa make-up sebelum kamu tidur. Karena tidur dengan wajah kotor is a BIG NO-NO! Tapi setelah pake face wipes, jangan lupa buat dibersihin lagi dengan tissue ya.Karena beberapa face wipes masih meninggalkan residu. Tapi malesnya jangan sering-sering, karena seampuh-ampuhnya face wipes, tetep nggak bisa gantiin cuci muka dengan facial foam.

Kamu bisa coba face wipes dari “Corine de Farme”. Product micellar water “Corine de Farme” punya tekstur cair dan gentle, nggak lengket dan ringan di wajah, juga gampang mengangkat make-up. Dengan formula yang sama, face wipes ini bisa jadi pengganti sementara sabun cuci muka.

2.jpg
Corine de Farme Make up Remover Wipes with Micellar Lotion

Satu yang penting tapi banyak yang lupa. Kamu harus rajin bersihin semua yang menempel ke wajah kamu. Salah satunya dengan mengganti sprei dan sarung bantal minimal seminggu sekali. Sia-sia waktu 1 jam yang kamu habiskan buat pake skin care, kalo waktu tidur debu dari bantal malah nempel lagi ke wajah kamu.

Kamu juga harus rajin membersihkan layar HP dengan alcohol.
Kenapa?
Ada penelitian yang bilang kalo HP itu 10 kali lebih kotor dari toilet seat. Kalo kamu males bawa botol alcohol dan tissue kemana-mana, kamu bisa bawa alcohol swab kaya gini. Simple dan bisa dipake kapan aja, di mana aja. Dan pastinya akan lebih steril.

3.jpg
Sensi Alcohol Swab

2. Sun Protection Factor!!

Setelah wajah bersih, base make-up juga nggak kalah penting. Selain moisturizer, foundation, dan concealer, kita harus pake sunscreen atau Sun Protection Factor (SPF). SPF itu penting banget, karena sinar matahari Indonesia yang makin lama makin ampun-ampunan panasnya ini punya efek kurang baik buat kulit kita. Paparan sinar UV dan radiasi UVA dan UVB akan merusak serat kolagen dan elastin kulit kita, yang dalam jangka panjang bisa bikin kulit kamu terlihat lebih tua, kasar, sunburn, juga salah satu penyebab resiko kanker kulit.

Pakai SPF juga nggak cuma di wajah aja, tapi juga di leher dan telinga. Agar perlindungannya merata. Dan pilih produk yang mengandung minimal SPF 30 ya. Efek sinar matahari itu munculnya jangka panjang, jadi jangan sampe males pake SPF. Nggak mau kan nantinya nyesel kalo udah mulai muncul bintik-bintik hitam?

C
pemakaian sunscreen yang diliat dengan sinar UV (kanan) (source)

Sunscreen yang sekarang gue pake adalah “Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30”. Isinya 40 gr, tapi dipake berbulan-bulan belom abis juga. Formulanya enak, ringan, gampang menyerap, nggak bikin berminyak, tapi (kayaknya) nggak waterproof.

Kalo buat badan, “Vaseline Healthy Sunblock SPF 30” udah cukup buat pemakaian sehari-hari. Walaupun formula-nya agak kental, tapi mudah menyerap dan water resistant. Cocok buat kegiatan outdoor.

L1
karena bukan muka aja yang terpapar sinar matahari (source)
5
Vaseline Healthy Sunblock SPF 30

Kamu berangkat kerja naik mobil, masuk parkiran basement dan meja kerja ada di gedung lantai 20, lalu berfikir nggak perlu-perlu banget pake SPF?
Salah besar!
Karena sinar matahari yang masuk lewat jendela mobil dan kaca gedung itu juga berbahaya, walaupun nggak sejahat sinar matahari langsung. Jadi kamu tetap harus pake SPF di mana pun kamu berada. Tapi kalo kamu lebih banyak kerja di dalam ruangan, pake foundation atau BB cream yang ada kandungan SPF-nya juga udah cukup.

BB cream “Missha M Perfect Cover” ini bisa jadi salah satu pilihan kamu, karena formula-nya yang menggabungkan kosmetik dengan skin care. Produk ini memiliki medium coverage sekaligus memberikan perlindungan terhadap matahari, mencegah dark spots, dan kerutan.

O
texture Missha M Perfect Cover BB Cream (source)
7.jpg
Missha M Perfect Cover BB Cream SPF 42 PA+++

Walaupun sunscreen yang kamu pake itu waterproof, kamu tetep harus re-apply per 3 – 4 jam sekali. Apalagi kalo kamu anaknya outdoor banget, kamu harus re-apply setiap 1 jam sekali. Memang agak ribet, tapi kulit kamu di masa depan akan sangat berterima kasih kalo kamu rajin pake SPF dari sekarang.

Satu tips dari temen gue.
Kalo kamu abis dari luar rumah dan ngerasa kulit kamu kepanasan, tunggu dulu sampe nggak ada keringet lagi. Setelah itu cuci muka dan olesin soothing gel. Soothing gel yang dingin itu cukup ampuh buat nenangin kulit yang kebakar. Bahkan kalo mataharinya lagi terik banget, kamu bisa pake soothing gel ke seluruh badan juga.

Selain aloe vera soothing gel yang lagi hits banget itu, “The Saem Fresh Bamboo” bisa jadi opsi lain kalau nyari soothing gel. Ekstrak bambu hitamnya memiliki wangi yang segar dan nggak menyengat. Begitu dioleskan ke muka dan badan, dia akan membuat kulit terasa lembap, dingin dan segar. Berguna untuk menenangkan kulit kamu kalo lagi iritasi atau sunburn.

M
konsistensi The Saem Bamboo Soothing Gel (source)
8.jpg
The Saem Fresh Bamboo Soothing Gel 99%

3. Skin Care Secukupnya

Sejak suka Korea dan mulai menyadari betapa kinclongnya muka mereka, aku mulai mencari-cari info tentang make-up dan skin care Korea. Ternyata, beda sama American make-up yang bold, orang Korea lebih fokus ke perawatan wajah itu sendiri dibandingkan make-up-nya. Make-up-nya cukup tipis aja, dengan warna-warna neutral. Jadi wajah mereka yang keliatan flawless dan glowing itu, emang udah mulus dari dasarnya, bukan karena foundation 3 layer.

Denger kata-kata skin care Korea, pasti langsung kepikiran 10 step korean skin care kan? Sebenernya, kalo kulit kamu nggak punya banyak masalah, kamu nggak perlu beli skin care sebanyak itu. Cukup kenali masalah kulit kamu dan beli produk yang sesuai dengan yang kamu butuh aja. Buat aku sendiri, sekarang cuma pake 5 produk (facial foam, toner, moisturizer, essence, dan eye cream). Karena kalo kulit kamu yang nggak kenapa-napa dikasih banyak produk yang nggak dibutuhin, kulit kamu bisa stress dan bermasalah. Ibaratnya kamu lemah di pelajaran matematika, tapi ikut semua les mata pelajaran, yang ada malah tambah stress kan.

E
ada yang bilang kata-kata itu doa, makanya kita oles skincare sambil berdoa (source)

Kulit aku nggak terlalu bermasalah. Jerawat muncul kalo lagi PMS atau kalo males cuci muka aja dan cuma 1 atau 2. Permasalahan kulit aku itu kusam, bekas jerawat dan pori-pori besar. Suatu waktu, aku pernah coba 2 produk yang setelah 2 minggu malah bikin iritasi. Setelah itu aku coba cek ingredients dari keduanya (karena 2 produk itu punya efek yang sama di muka aku), dan ternyata benar, 2 produk itu punya 1 ingredients yang sama.

Dari pengalaman ini, penting buat tahu bahan yang cocok atau nggak buat kulit kamu. Caranya adalah dengan beli sample size-nya dulu (biar nggak buang-buang uang kalo nggak cocok) dan dicoba 1 per 1 sambil diselingi sama produk yang emang udah cocok, daripada langsung nyoba serangkaian produk baru. Dengan cara ini kamu bisa tahu apakah ada perubahan di kulit kamu atau nggak.

1 produk penting yang harus kamu punya adalah exfoliating. Karena menghilangkan kulit-kulit mati itu penting banget. Sebenernya kulit mati kita akan beregenerasi dengan kulit baru dengan sendirinya. Tapi semakin bertambahnya usia, proses itu akan semakin lama. Di umur aku yang almost 30 ini, butuh waktu 3 – 4 minggu untuk kulit mati regrowth dengan sendirinya. Masalahnya, kulit mati ini adalah salah satu penyebab foundation kamu keliatan cracking. Jadi, kita butuh exfoliating product untuk membantu mempercepat pertumbuhan kulit baru. Tapi jangan dipakai setiap hari ya, cukup 1 – 2 kali seminggu aja.

Personally, aku lebih suka physical exfoliation daripada chemical exfoliants. Lebih yakin aja sama hasilnya karena langsung berasa, menurut aku ya. “Smooth Egg Skin Peeling Gel” ini (ada yang biasa atau yang Gudetama edition) memiliki formula gel yang dapat mengangkat sel kulit mati, kotoran, juga blackheads dan whitehead. Produk ini juga memiliki brightening effect. Setelah digunakan, kulit akan terasa halus dan segar juga pori-pori kamu akan terlihat mengecil.

K
teksture Smooth Egg Skin Peeling Gel. kata mereka setelah pakai ini kulit terasa seperti baby skin (source)
4.png
Lazy & Easy Smooth Egg Skin Peeling Gel (Gudetama Edition)

Produk yang mahal juga nggak menjamin kalo produk itu akan banyak berpengaruh sama kulit kamu. Karena semua balik ke kulit kita masing-masing. Yang terbaik adalah baca ingredients masing-masing produknya. Kalo kamu cocoknya sama yang murah ya bersyukur aja, nggak usah minder sama temen kamu yang skin care-nya setara gaji kamu 1 bulan, yang penting kulit sama-sama mulus.

4. Love Yourself

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga sangat penting.

Mau kulit kamu cerah dan nggak kusam? Banyak makan buah, sayur dan minum air putih sebanyak-banyaknya. You are what you eat. Apa yang kamu masukkan ke dalam badan kamu, itulah yang akan terpancar ke kulit kamu.

J
buah yang seger buat wajah yang seger (source)

Mau mata puffy kamu berkurang? Tidur yang cukup dan jangan banyak begadang. Itu saja. Tidur dengan 2 bantal lebih baik untuk mengurangi puffyness dari pada hanya 1 bantal.

Mau kulit kamu fresh? Olahraga. Kulit kusam kamu perlahan akan berubah glowing dan fresh jika aliran darah di tubuh kamu lancar. Yang paling gampang adalah lari pagi. Tapi kalo males, kamu bisa cari olahraga yang kamu suka. Misalnya nari di kamar pake lagu favourite kamu. 15 menit aja, pasti kamu udah mulai keringetan dan wajah kamu keliatan lebih seger.

A
semua orang pasti punya imperfection, kamu nggak sendirian (source)

Mau selalu ngerasa cantik? Love yourself. Aku tahu, paling susah buat mencari kelebihan diri sendiri. Setiap ngaca, yang selalu kita liat adalah kekurangan kita, sekecil apapun itu. Jerawat udah ilang, tapi pori-pori keliatan gede. Beruntusan ilang, tapi kantong mata kayaknya tambah item. Muka mulus, tapi kok bekas jerawat banyak (padahal cuma 3 biji).

Memang butuh waktu buat menerima keadaan kulit kamu. Tapi suatu saat, kita akan belajar mencintai bagian dari kita yang kurang sempurna itu. Karena mau les make-up sama Bubah Alfian, bela-belain beli skin care sampe rela nggak makan, atau pake “Guerlain La Cure” yang harganya 20 juta itu, kalo kita nggak bisa mencintai apa yang ada di refleksi kaca, kamu pasti akan terus ngerasa nggak cantik.

N
be fierce like jeung Beyonce. yes, I’am beautiful (source)

Kalo kulit kamu udah bersih dan sehat, kamu pasti akan jadi lebih percaya diri. Jadi nggak perlu lagi tuh make-up tebel kalo mau hangout sama temen atau nge-date sama pacar. Selain kamu nggak perlu sering touch up, kulit kamu jadi masih bisa “bernafas”.

Oh……satu lagi pesen dari gue.

Jadilah cantik untuk dirimu sendiri, bukan untuk orang lain

2 thoughts on “Kulit “Cling” Luar Dalam!

  1. bener banget kak, kulit memang harus selalu terjaga supaya cling, nyamuk pun ke pleset hehhe

    Like

Leave a comment