Belanja…Mending nyesel beli daripada nyesel nggak beli…

Dulu gue nggak kebayang bisa pergi keluar Indonesia, karena nggak pernah ada tuh ceritanya liburan sekolah pergi ke luar kota, paling mentok ke Puncak. Tapi karena keberuntungan yang Alhamdulillah masih ada, gue pernah ke Singapore, Korea Selatan, sama Paris

Yang namanya liburan nggak lengkap kalo nggak belanja, apalagi perempuan. Liat barang lucu berenti, liat barang warna warni pengen masuk, liat barang aneh pengen digandeng ke kasir. Tiap keluar negeri, gue gatel banget tiap liat snack yang nggak ada di Jakarta (bahkan di Paris gue beli Pringles rasa Chicken Taco, hanya karena iming-iming tulisan Food Truck Flavor, yang makan tempat banget di koper), tapi ternyata kepelitan menahan gue buat royal di sana. Terus pas udah di Jakarta, nyesel. Nyesel kenapa nggak beli ini, kenapa nggak beli itu, nyesel kenapa nggak beli banyak, dan nyesel-nyesel lainnya. Padahal nggak tiap tahun bisa nengok Eiffel. Ya gitu deh si labil.

Satu lagi pintarnya gue adalah setiap pergi, gue nggak googling dulu barang apa yang cuma ada di sana. Jadi pas waktunya belanja, gue bingung mau beli apa. Sampe Jakarta ya sama, nyesel lagi.

Judul gue di atas adalah kata-kata temen cowok gue yang kesel gara-gara temen-temen ceweknya ngomong mulu mau beli ini, tapi mahal, tapi pengen, tapi sayang uangnya, tapi kebayang-bayang,

“Heh! Mending nyesel beli daripada nyesel nggak beli! Udah beli aja gih! Bawel.”

Beberapa barang yang nyesel nggak kebeli karena sisi medit dan “pintar” gue keluar di saat yang tidak tepat, dan pengen banget nitip sama temen yang keluar negeri itu antara lain ini.

Skincare Korea

Malem setelah acara selesai temen gue ngajak keluar hotel, dia bilang mau belanja makeup di Myeong-dong. Karena jaraknya nggak terlalu jauh dari hotel dan gue pengen ngemil, jadilah kita berempat jalan-jalan malem. Sampe sana mereka sibuk keluar masuk toko makeup yang bejejer nggak kelar-kelar, sedangkan gue sibuk ngunyah spiral potato.

P2150037_Myeondong

Myeong-dong Street (source)

“Pada beli apaan sih?” *masih ngunyah*

“Bedak ini bagus lho.”

“Skincare ini cocok banget buat kulit berminyak.”

“Lotion ini cuma ada di Korea, gue mau beli buat ibu gue.”

“Lo nggak beli apa-apa?”

Akhirnya gue meninggalkan Korea dengan 3 botol kuteks dan 1 nail buffer. Sangat bermanfaat (seenggaknya itu yang ada di otak gue sebelom sampe Jakarta). Sampe rumah, bongkar-bongkar barang, liat-liat belanjaan, baru deh nyesel kenapa nggak beli moisturizer, serum, essence atau minimal sheet mask gitu biar kinclong kaya cewek-cewek Korea. Asli, di sana semua cewek mukanya bening-bening bener kaya Aqua baru beli di Alfamart. Heran gue liatnya.

maxresdefault

gimana nggak bening kalo skincarenya segini banyak (source)

Please kalo udah sampe Korea, sempetin deh buat liat makeup dan skincare di sini. Coba googling atau tanya-tanya mbak-mbaknya. Paling nggak beli sheet mask-nya yang murah-murah tapi jitu atau beli BB Cushion hitz yang di setiap brand pasti ada #MenujuKinclong2018

CN Blue Stuff

Ini salah satu kebodohan terbesar gue.

Jadi, gue suka banget sama CNBlue -band (bukan boyband) Korea-. Waktu tahu kalo gue bakal ke Korea, gue udah nginget-nginget buat beli CNBlue stuff, apapun itu. Salahnya cuma diinget, bukan dicatet di HP. Satu temen kantor gue yang nitip albumnya Sistar, sampe nge-line dan email gue buat ngingetin. Waktu hari terakhir, gue inget tuh buat nyari toko CD dan nemu di jalan underground yang ngehubungin Lotte hotel dan Myeong-dong, and as you may guess, gue cuma beli Sistar tanpa keinget beli CNBlue (yang ternyata harganya beda 100rb – 150rb sama di Jakarta).

subway-3-1631

Myeong-dong CD Store (source)

Pas di Myeong-dong pun gue liat tuh ada yang jual kaos kaki character dan liat juga ada yang gambarnya anggota EXO tapi nggak inget buat nanya,
“Mas, kalo CNBlue ada kaga?”

Gue cuma ngelirik, dan beli kaos kaki batman sama panda.

Akhirnya sih gue inget juga kalo harus beli CNBlue, tapi pas udah di bandara, yang harga CD-nya hampir sama kaya di Jakarta. Tentunya nggak gue beli, tujuan gue kan beli yang lebih murah dan nggak ada di Jakarta.

Jadi please buat kalian K-Popers, jangan lupa berburu merchandise K-Pop kalo di Korea.
“Ya nggak bakal lupa lah, emang lu ndra.”

1500622958898

maaf aku tak membawa kalian pulang (source)

*nyetel CNBlue*
*mojok di samping jendela sambil menatap nanar rintik hujan di luar sana*

Coklat Lindt

Waktu di Paris, tour guide gue ngajak masuk ke Lindt Store. Dia bilang kalo mau belanja coklat disini aja, soalnya nggak tahu ada waktu buat beli oleh-oleh atau nggak. Pas masuk ke dalem, I feel like a kid in a toy store.

lindt-article_une

Lindt store (source)

lindt-store-paris

Lindt Creation bars (source)

Di Jakarta, Lindt ukuran 100 gr cuma ada 5 atau 6 rasa dengan harga 70rb – 80rb. Sedangkan di Paris, Lindt Creation bars itu cuma €3.5 dan ada 1 dinding penuh yang nggak tahu ada berapa banyak rasa. Belom lagi variant lain yang nggak ada di Indonesia. Selain Creation bars, ada juga Lindt HELLO yang kemasannya eye catching banget, cocok buat oleh-oleh. Mereka juga jual ice cream disini, katanya sih enak banget, tapi gue nggak nyoba (gantinya gue beli mint chocochips gelato di Tutti Sensi, Montmartredélicieux...)

Buat penggemar coklat, pasti bahagia sangat lah di dalem sini.

20161003_220919

belanjaan di Lindt Store
yang Whisky filling buat pacar & Cote D’Or dikasih temen gue

Gue masuk kesana, keluar…cuma bawa…4 rasa (Lemon, Mint, Whisky dan Cookies & Cream).
Pintar.
*tebalikin meja*
*lalu barbar karena kurang asupan gula*

Sepatu di Primark

Sebelumnya gue nggak tahu dan nggak pernah denger soal Primark. Tour guide gue cuma bilang kalo Primark barangnya bagus-bagus, lucu-lucu dan termasuk murah buat sebuah toko di dalam mall. Dan ternyata bener, si toko gede ini punya barang apa aja (beneran segala macem, dari apparel, makeup, underwear, sampe pernak pernik) dengan harga yang masuk akal. Dan tentu saja…rame banget.

221 Paris Villeneurve

toko serba ada, apaan juga ada (source)

Disini lebih pintar, gue pergi ke kasir bawa kemeja, kaos, tas, beberapa printilan buat oleh-oleh dan sepatu. Gue puas sama belanjaan gue waktu itu. Sampai beberapa waktu setelahnya.

Sepatu yang gue beli di Primak selalu dapet kata-kata “lucu ih” dari semua yang lihat. Harganya cuma €10 alias 160rb aja dan masih awet sampe sekarang. Yang gue nyesel adalah kenapa gue nggak beli beberapa pasang, padahal sampe terakhir gue masih nggak bisa ngelepasin 2 pasang sepatu lucu warna tosca dan motif mickey mouse head item putih.

Kalo ke Primark, sempetin buat intip shoe section deh. Nggak bakal nyesel dan nggak nguras dompet juga harganya. Seinget gue boots-nya juga cakep-cakep kok. Tapi jangan kaget sama apa yang bisa lo temuin di sana, apalagi waktu ngantri di kasir, kita di temenin sama pernak-pernik gemes yang minta ikutan dibawa ke kasir.

3c12c4c982c81e27a98e711fc0c4aa68-1453545794.jpg

Ini satu-satunya sepatu yang gue beli di Primark 😦 (source)

primark-nijmegen-fashion-blog-sarandipity2

pastikan kalian nengok section ini. Harus! (source)

“Ah, siapa tahu nanti Primark buka di Indonesia”

Nah, kalo Primak buka di Indonesia, pasti harganya nggak mungkin segitu. Terus otak medit gue kembali mengambil alih buat nggak belanja di sana. Ujung-ujungnya tetep nggak beli apa-apa.

So…

Beberapa barang yang gue mau beli di atas sebenernya udah ada di online shop, cuma harganya jadi jauh banget sama aslinya. Mungkin karena bea cukai dan teman-temannya. Padahal harga aslinya nggak semahal itu. Pasti pernah kan nonton video drug store makeup beauty vlogger,

“Top 10 makeup drugstore”

“Best new drugstore makeup under $10”

“Top 5 under $5”

“Drugstore makeup dupes”

Di sana yang harganya cuma $5 – $10, sampe sini jadi dua kali lipat harganya. Yang gue tulis di atas tadi baru yang nyesel karena nggak kebeli di sana, belom lagi barang yang pengen dibeli, tapi nggak ada di Indonesia.

Cara terbaru buat belanja barang dari luar negeri adalah JasTip alias Jasa Titip alias minta tolong orang yang lagi di luar negeri buat belanja barang yang kita mau, terus kita ngasih tips buat dia. Kenapa lebih enak, karena mereka belanja langsung di sana, jadi kita nggak kena bea cukai (eh kecuali yang harganya diatas 10 juta, kata Custom Protection-nya Net TV sih gitu), dan fee-nya juga nggak mahal-mahal banget.

Dulu gue pernah coba JasTip di 1 website, tapi agak ragu karena barang dikirim via JNE dan harus transfer duluan. Ya…takut aja kalo ternyata barangnya nggak sampe.

*aku sering diboongin soalnya kak*
*aku nggak bisa lagi disakitin*
*lalu mellow lagi*
*sok lemah padahal abis tebalikin meja*

Baru-baru ini gue mau beli skincare Korea buat seserahan, terus waktu scrolling Instagram, nggak sengaja nemu 1 website Jasa Titip baru. Airfrov.

Sistemnya hampir sama kaya website JasTip yang dulu (hampir) gue coba. Cuma bedanya kalo lo buka di applikasinya, di Airfrov barang-nya dikelompokin, jadi lo bisa milih mau nyari skincare, makeup, appreal, makanan, dan lo juga bisa milih sesuai negara tempat barang inceran lo. Mereka juga suka nge-rekomendasi-in barang yang mungkin lo belom tahu, pokoknya racun banget lah (gue baru tahu kalo Zwitsal ngeluarin parfum dan McDonald‘s Sauce ada yang bentuknya botolan coba!)

Barang yang ditawarin di JasTip itu bisa jauh lebih lucu-lucu dan beragam dari Online Shop. Soalnya Online Shop kan cuma jual barang yang pasti laku atau banyak dicari. Sedangkan kalo JasTip lo bisa googling dulu, youtube dulu, ngelirik Instagram dulu barang unik apa yang nggak ada disini, dan nggak banyak yang make.

1500634173512

sumpah nggak dosa hukumnya, kalo niatnya nyari skincare Korea tapi yang di klik malah Amerika (source)

Bedanya JasTip sama Online Shopping itu, kalo Online Shop kan lo tinggal cari aja dia banyak testinya atau nggak, fotonya asli atau nggak, ada yang komen nggak enak atau nggak, dan sebagainya. Tapi kalo JasTip itu sistemnya kepercayaan, karena lo nggak kenal sama orang yang lo titipin belanja. Dan nggak semua orang rutin pergi keluar negeri, jadi testimonial di web mungkin nggak terlalu banyak.

Nah, yang bikin aman pake Airfrov ini, mereka sistemnya rekening bersama. Jadi kalo udah deal harganya, uang lo akan ditahan sama Airfrov sampe barang lo dateng, baru uangnya dilepasin ke pemberi JasTip. Jadi pasti lebih aman kalo tiba-tiba barangnya nggak sampe-sampe, uang lo nggak bakal ilang (tapi dengan Airfrov fee tentunya, nggak mahal kok buat keamanan)

how-it-works-indo-horizontal

how to buy (source)

Kemaren gue sempet liat-liat, dan beberapa barang lebih murah dari di online shop. Kaya It’s real squeeze mask-nya Innisfree. Harga di Online shop 15rb/pcs, di counter Innisfree Jakarta 19rb/pcs, di Airfrov rata-rata mereka nawarin 170rb buat 20 pcs (kebetulan di Innisfree Korea lagi ada promo buy 10 get 10). Jadi plus Airfrov fee totalnya 200rb buat 20 pcs. Kalo beli banyak jauh lebih murah lagi. Lo bisa dapet 8rb/pcs. Kalo buat dijual lagi, bisa untung 2 kali lipat tuh.

*namanya juga cewe, soal harga mah gape*
*samyang beda 1000 aja gue apal*

1500626035067

ini yang bikin ngiler (source)

Jadi buat yang nyesel karena udah jauh-jauh ke Sephora Paris cuma beli lipstik sebiji (iya, itu gue lagi) atau yang kepengen punya Anello asli Jepang, coba deh buka www.airfrov.com

Pasti nyesel

Soalnya bikin laper mata

Selamat belanja

Leave a Reply

