Wiki Korea Tour -Day 5 (Back to Seoul, Hongdae, Bulgeum!)-

Ini lanjutan dari cerita gue tentang acara Wiki Korea 2013 bulan Agustus tahun lalu. Bagian ini sampe hari ke 7 nanti emang agak lama jaraknya gara-gara kelupaan mulu waktu mau update. Lanjut aja yah

Hari ini hari terakhir kita di Jeju dan (terpaksa) harus balik lagi ke Seoul. Badan gue udah mendingan dan nggak terlalu panas kaya semalem. Untungnya hari ini lebih santai karena nggak ada jadwal sampe nanti kita balik ke Seoul. Jadi pagi ini bisa duduk santai di balkon dulu, sarapan dan mandi pagi santai di hotel. Pengennya sih kita masih ada waktu buat keliling-keliling hotel, tapi mau gimana lagi. Abis sarapan dan beres-beres koper, kita langsung naik bis menuju bandara. Tapi sebelum sampe bandara, kita jalan-jalan sebentar di Jeju.

20130823_085512

Kita lalu berhenti di suatu tempat untuk beli oleh-oleh. Sebelum masuk ke tokonya, kita diajak Bruce Lee Oppa ke Yongduam Rock. Kalo mau ke Yongduam Rock, kita harus turun lewat tangga dari tempat parkir, dan dibagian bawah kita bisa ngeliat karang-karang yang gede-gede dan laut. Yongduam Rock ini juga dikenal dengan nama Dragon Head Rock. Sebenernya karang-karang disini terbentuk dari ombak laut yang besar selama berpuluh-puluh tahun, tapi ada legenda yang bilang kalo batu-batu yang berbentuk seperti naga ini adalah naga asli yang dikutuk Tuhan menjadi batu karena mencuri.

1185934_214013378761831_1932506997_n

Dibagian atas Yongduam Rock, ada kedai-kedai makanan, minuman, minimarket, dan pastinya toko oleh-oleh. Kita cuma dikasih waktu 20 menit buat belanja disini, karena harus ngejar jadwal penerbangan. Gue akhirnya cuma beli gantungan kunci, magnet kulkas sama coklat doang. Karena mikirnya masih bisa belanja di  Myeongdong buat oleh-oleh.

20130823_091707

Setelah beli oleh-oleh, kita lanjut lagi ke Bandara. Di bis kita ngobrol-ngobrol dan ternyata kemaren setelah dari Samgyeopsal, mereka lanjut norebang (karaoke). Gue, Rai dan Basmah nyesel banget nggak bisa ikutan norebang *hufffff* Kata Melody, tempat norebang-nya nggak jauh dari tempat makan, jadi mereka sekalian ke sana. Kita jadi cuma bisa ngeliat foto-foto sama video mereka aja deh.

Waktu sampe bandara kita semua nggak rela banget cuma sebentar di Jeju. Soalnya dari masih di Jakarta gue udah ngebayangin Jeju, apalagi abis nonton Heartstring. Tapi gapapa lah, lebih baik sebentar tapi udah ngerasain Jeju daripada nggak sama sekali. Setelah satu jam, akhirnya kita sampe di Seoul dan kembali ke Lotte Hotel lagi. Kirain kita akan masuk ke kamar yang pertama kali kita dateng, ternyata kita dapet kamar baru lagi! Dan kamar yang ini lebih gede dari yang pertama. Kamar gue, Melody dan Rai ada di lantai yang sama, asik asik!

P1510293

Setelah beres-beres koper dan ganti baju, kita langsung jalan lagi. Syuting hari ini baru dimulai abis makan siang karena bakalan sampe tengah malem. Makan siang hari ini di restaurant Seoga & Cook. Tempatnya nggak terlalu besar tapi hommy. Menunya hari ini lepas dari masakan Korea, tapi pasta dan rissoto! Yummy!

20130823_142525

P1510136

Setelah makan kita lanjut ke daerah Hongdae buat mulai syuting. Hongdae adalah kawasan pertokoan, cafe, restaurant, dan club. Hongdae dikenal sebagai kawan anak muda dan nama Hongdae diambil karena kawasan ini terletak dekat dengan Hongik University. Mathi yang pernah tinggal di Korea selama beberapa bulan ngasih tau kita beberapa tempat disana. Kebetulan tempat tinggalnya di Hongdae, jadi dia kenal dengan daerah ini. Kalo pernah nonton drama Coffee Prince, coffee shop yang dipake syuting itu ada di Hongdae. Ada di pojokan situ kalo kata Mathi.

Kita mulai syuting di jalanan sekitar Hongdae, jadi ceritanya Ricky dan Hyerim ngenalin kita sama Hongdae. Beda sama tempat syuting sebelumnya yang merupakan tempat wisata, disini karena jalanan umum, jadi banyak banget yang ngeliatin kita. Gue sama yang lain cuma ketawa-ketawa aja waktu ngeliat banyak yang nunjuk-nunjuk dan foto-foto Hyerim sama Ricky.

IMG_1466

3

P1510202

Tempat pertama yang kita datengin adalah Mustoy Cafe. Mustoy adalah pajangan berbetuk boneka yang terbuat dari keramik, jadi disini kita bisa menghias sendiri dengan menggunakan spidol khusus dan kalo mau dihapus bisa pake air. Mustoy ada 2 macem, ada yang cewek dan cowok. Seperti biasa, kalo yang ada hubungannya sama art, Rai udah jagonya. Yang lain ngehias Mustoy pake mata, hidung, baju, Rai malah bikin mustoynya jadi es krim.

IMG_1639

P1510187

Berurutan dari kiri ini hasil Mustoy-nya Ricky, Melody, Sunny, Rai, Gue, Mathi, Leeche, dan Basmah

Setelah semua Mustoy jadi, Ricky meminta kita semua buat tanda tangan di Mustoy-nya, buat kenang-kenangan. Kita juga nggak mau kalah dengan gantian minta tanda tangan Ricky dan Hyerim.

Selesai dari Mustoy Cafe, kita lanjut jalan kaki lagi ke lokasi selanjutnya. Jadi kalo Jumat malem di Korea adalah waktunya buat seneng-seneng. Sebagian mereka pergi ke club dan sebagian lagi pergi ke cafe, kaya malem mingguan di Jakarta. Dan karena banyak cafe dan club di Hongdae, jadi mereka banyak berkumpul di sini. Sekarang baru jam 4 tapi udah rame banget. Dan karena ntar malem kita mau ke club, jadi sekarang waktunya buat belanja!

P1510226

Kita diajak ke salah satu mall di sini (gue lupa namanya apa) dan kita masuk ke sebuah toko yaitu 8ight second. Kalo kata Mathi, 8ight second ini salah satu brand terkenal di Korea, selevel sama Zara lah. Kita di briefing buat milih satu barang yang akan di mix and match sama baju yang akan kita pake ke club nanti malem, setelah itu barangnya akan dibalikin lagi, jadi cuma buat keperluan syuting aja. Ya gapapalah yang penting bisa belanja-belanja lucu, hahaha.

11

12

8second lumayan gede dan lengkap. Tapi yang namanya cewe-cewe ber-8, bukannya sibuk nyari yang di briefing, kita malah asik belanja sendiri. Gue sama Rai sibuk liat-liat legging motif dan barang-barang warna neon, sama sekali nggak ada hubungannya sama baju malem ini. Hahahaha. Hyerim dan Ricky juga ikut bantuin kita milih tas, sepatu, aksesoris. Setelah gue naksir heels pink yang cakep banget tapi sayangnya nggak ada nomer gue, akhirnya gue milih clutch warna pink. Lucunya hampir semua nanya pendapatnya Rai, sampe Ricky ngasih julukan ke Rai “Party-goers”

17

IMG_1848

P1510255

Setelah selesai milih-milih dan ganti baju, kita semua siap buat pergi ke club. Dan ternyata semua barang yang kita pilih di 8ight second bisa dibawa pulang! Asek!!! Yang kaya gini-gini nih kita doyan, soalnya udah 5 hari disini kita belom sempet belanja sama sekali, padahal hotel sama MyeongDong cuma 10 menit jalan kaki. Makanya waktu jalan di Hongdae, kita mulai nggak konsen sama kamera dan apa yang diomongin Ricky, karena udah sibuk liat toko-toko lucu yang ada di pinggir jalan. Mak, itu dress, sepatu, tas, celana, bahkan casing HP aja lucunya setengah mati. Ricky sibuk ngingetin kita, “Hei…fokus…fokus…Jangan ngeliatin baju terus kalian, hahahaha” Tapi gimana dong kayaknya barang-barang itu keluar text bubble di atasnya “beli kami” Dem!

IMG_1502

hongdae36

kanan kiri isinya toko bginian, gimana bisa konsen 😀 (photo: here)

Karena masih “sore” dan kalo ke club juga belom buka, jadi kita makan dulu. Lokasi ini sebenernya buat adegan terakhir, tapi demi menghemat waktu jadi kita syuting duluan disini. Tempat yang jualan midnight snack ini istilahnya Pojangmacha atau Pocha. Pocha tradisional biasanya ada di pinggir jalan dan bentuknya gerobak yang ditutup kain bagian atasnya, kaya yang biasa ada di drama korea. Tapi makin kesini, tempat Pocha jadi berkembang. Tempat yang kita datengin ini lebih kaya cafe daripada Pocha. Jadi kalo laper tengah malem atau abis pulang dari club, mereka akan cari jajanan tengah malem di tempat kaya gini yang bukanya sampe pagi. Kaya warung indomie gitu deh.

28

20130823_211838

30

Disini kita makan, hmmmmm……gue lupa namanya apa aja, pokoknya banyak dan lagi-lagi enak, hahahaha. Kita disini sambil nunggu club-nya buka. Setelah interview sama radio, touchup makeup, ngabisin semua yang ada di meja makan, kita lanjut Bulgeum!

Bulgeum artinya Friday Night atau Fiery Friday. Jadi (kalo nggak salah) kalo di Korea itu yang terkenal malem Sabtu bukan malem Mingggu kaya di Indonesia. Jadi setiap Jumat malem, selesai pulang kuliah/kerja mereka siap-siap buat keluar malem. Bulgeum lebih terkenal dengan hangout di club sampe pagi. Di Hongdae ini banyak banget club-club keren yang siap buat di masukkin satu-satu. Jadi kalo misalnya lo mau nyobain beberapa club di satu malem di Hongdae, nggak usah jauh-jauh naik bis/taxi, cukup jalan aja sambil nikmatin suasana malem. Dan waktu kita jalan ke sini, di dinding sepanjang jalan banyak poster-poster acara di club-club. Jadi kita tinggal milih mau  nikmatin apa malem ini.

P1510154

Belakang kita itu poster-poster acara di club-club di Hongdae

Karena makin malem di Hongdae makin rame, jadi waktu kita jalan ke sini makin rame lah yang nontonin, dadah-dadahin sama foto-fotoin Ricky dan Hyerim. Apalagi sepanjang jalan isinya cafe outdoor yang semuanya ngeliat ke arah kita. Kita lirik-lirikan sambil bisik-bisik “Kita kaya artis yah, hahaha”. Akhirnya kita sampe juga di Hongdae M2 Club. Waktu sampe sini kita di sambut sama blue carpet dan belom begitu rame, soalnya baru jam 11an sekarang. Kita ngapain aja disini bisa liat langsung di yutub aja yah, hihihi. Didalem kita syuting hampir 1 1/2 jam tapi pas diliat hasilnya 5 menit juga nggak ada -_______-

21

23

27

Selesai dari M2 Club dan foto-foto buat website, selesai juga acara hari ini. Besok adalah hari terakhir syuting, nggak berasa banget. Setelah pisah sama Ricky dan Hyerim, kita balik ke bus buat ke hotel. Gue, Melody, Rai, Leeche, dan Mathi masih pengen jalan-jalan malem, karena ngeliat rame-nya Korea malem hari. Akhirnya 3 translator kita yang baik banget ini ngajakin buat jalan-jalan dan karaokean! Yeaaayyy. Jadi sampe hotel, kita beres-beres sebentar dan 15 menit lagi kita ketemuan lagi di lobby hotel.

996924_10200305042089335_396062785_n

1234170_10200305031769077_848200908_n

Pas gue lagi beres-beres di kamar, ternyata si pacar ngomel-ngomel gara-gara gue jarang ngabarin dia selama di Korea, ups! Karena internet cuma ada di bis dan di hotel aja, jadi gue jarang banget ngabarin dia. Soalnya waktu di bis gue sibuk upload foto di facebook buat kebutuhan voting, jadi baru bisa ngabarin si pacar pas udah di hotel. Waduh, gawat nih kalo si pacar udah ngomel. Akhirnya gue ngasih tau Rai kalo gue nggak bisa ikut jalan-jalan dan sibuk baik-baikin si pacar biar nggak ngomel lagi *nguap*

Advertisements

5 thoughts on “Wiki Korea Tour -Day 5 (Back to Seoul, Hongdae, Bulgeum!)-

  1. Pingback: Kenangan Tahun Lalu | Life Is Never Flat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s