Wiki Korea Tour 2013 -Sebelum Berangkat-

Setelah lama banget nggak update blog, sekarang gue mau mulai penuhin isi blog ini lagi.

Tahun 2013 ini adalah tahun yang nano-nano banget buat gue. Banyak banget pengalaman yang gue dapet di tahun ini. Salah satunya yang bakal gue ceritain panjang lebar disini adalah pengalaman gue bisa jalan-jalan ke Korea gratis selama seminggu.

2


Waktu itu karena dikantor lagi nggak ada kerjaan, gue iseng-iseng buka facebook. Ada temen gue yang share kuis “Wiki Korea Tour 2013” di Facebooknya yang hadiah utamanya adalah jalan-jalan ke Korea. Cara ikutannya cuma bikin kalimat dari 5 icon Korea dan karena lagi nggak ada kerjaan, gue iseng-iseng aja ikutan.

Kalimat yang gue bikin waktu itu adalah

3

Beberapa hari kemudian gue kepilih jadi salah satu dari tiga pemenang harian yang berhadiah voucher “Coffee Bean”. Dari semua pemenang harian bakalan dipilih 20 besar yang akan dapet hadiah tambahan berupa cake dari “The Harvest” dan terakhir akan dipilih 5 besar yang akan mengikuti interview dan menjadi satu pemenang utama yang akan jalan-jalan ke Korea.

Pas tau masuk 20 besar, gue mulai deg-degan. Karena gue pikir yang awalnya cuma iseng doang, kenapa jadi mulai serius? Apalagi waktu dapet telfon dari Korea Tourism Organization Indonesia (KTO Indonesia) yang ngasih tau kalo gue masuk 5 besar dan dijadwalin buat interview. OMG!

Sehari sebelum interview gue browsing semua tentang Korea. Tentang negaranya, tempat wisatanya, budayanya, dramanya, lagu-lagunya, makanannya, sampe belajar bahasa Korea. Karena waktu itu gue belum tau banyak tentang Korea, gue pikir gue harus belajar banyak.

Paginya gue ijin masuk siang dari kantor karena gue harus interview jam 11 pagi di kantor KTO Indonesia di daerah Sudirman. Sewaktu sampai kantornya, gue pikir bakalan ketemu sama 4 orang lainnya, tapi ternyata gue cuma sendirian (mulai panik).

KTO3_0

Nggak cuma itu aja yang bikin gue panik, tapi ternyata yang interview gue 2 orang Korea dan gue harus interview pake bahasa inggris! Astaga banget kalo yang ini, soalnya sehari-hari gue nggak pernah pake bahasa inggris dan gue nggak pernah les bahasa inggris sedikitpun! Gue cuma belajar bahasa inggris dari film sama kartun doang dan terakhir gue ngobrol pake bahasa inggris itu kira-kira 3 taun yang lalu waktu gue presentasi tugas kuliah ke dosen gue yang cuma mau pake bahasa inggris.

Tapi dengan tingkat pede setinggi monas, gue siap spik-spik sama mereka. Sebenernya gue agak lupa mereka nanya apa aja, cuma kira-kira yang mereka tanyain kaya gini

  • Ceritakan tentang diri kamu
  • Kenapa kita harus milih kamu untuk ke Korea
  • Apa yang kamu tau tentang Korea
  • Kenapa kamu mau pergi ke Korea
  • Apa yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan Korea kalau kamu terpilih

Pokoknya kira-kira kaya gitu pertanyaannya. Nggak lupa diakhir interview gue tutup dengan “Mannaseo-ban-gap-sum-ni-da” yang artinya kira-kira “Nice to meet you”

Setelah kurang lebih 30 menit interview, mereka bilang kalo gue menang mereka akan ngasih kabar lagi. Setelah sampai kantor, gue ngecek website KTO Indonesia, disitu dikasih tau kalo pemenang akan diumumkan hari Selasa. Tapi ternyata sorenya gue dapet SMS dari KTO Indonesia yang nyuruh gue buat ngecek e-mail yang isinya ngasih tau kalo gue MENANG dan bakalan pergi ke Korea!!!!!

Tadinya gue masih nggak percaya dan belom ngasih tau siapa-siapa kecuali orang kantor yang udah heboh duluan ngeliat muka gue yang mendadak speechless. Sampe akhirnya pengumuman resminya keluar dan baru percaya kalo gue bakalan liburan ke Korea selama seminggu!! Yeaaaayyyyyy!!!

1

Setelah pengumuman itu, gue beberapa kali harus bolak balik ke kantor KTO Indonesia buat ngasih dokumen-dokumen buat ngurus visa. Selain itu gue juga dapet beberapa dokumen dari KTO Korea yang harus diisi. Setelah dikirimin jadwal acara disana, gue baru tau kalo gue nggak sendirian kesana, tapi bareng 13 orang lagi…………………………..dari negara lain!

img_about1

img_about2

enlarge__13766347546597

Bareng negara lain berarti selama seminggu di Korea gue bakalan pake bahasa inggris. Dan gue bakalan sendirian dari Soekarno-Hatta sampe Korea. Oke, lagi-lagi gue stress. Tapi kalo dipikir-pikir gue bakalan liburan gratis, seminggu, nggak bayar pesawat, makan, tempat nginep, bahasa inggris doang urusan belakangan lah. Yang penting nginjek Seoul dulu.

mtf_vlhAH_1038

Setelah semua dokumen lengkap dan packing baju yang banyak banget itu selesai, saatnya buat ke Soekarno Hatta. Karena ini pengalaman pertama ke luar negeri dan sendirian, agak-agak nyasar dikit. Sampe ruang tunggu mulai deg-degan lagi. Hampir nggak ada orang Indonesia di ruang tunggu Korean Air, semua orang Korea. Tapi gue siap berangkat dan siap dapet pengalaman baru disana!

Tunggu postingan berkutnya tentang aktivitas gue disana yaa. Dan postingan besok bakalan banyak banget fotonya.

Leave a Reply

