The Power of Internet!

Masih inget nggak jaman-jaman dimana lo ngerasain internet lamaaaa banget, sampe lo ngerasa biasa aja setelah 20 menit akhirnya download-an 1 lagu kelar (kalo lo punya pengalaman yang sama, brarti umur kita nggak jauh beda). Buat yang nggak pernah ngerasain, dulu tu tiap connecting internet, lo akan denger suara ini

Sekarang kemajuan internet udah jauh banget bedanya, sekarang download 1 lagu nggak nyampe 5 menit, streaming video mulus, upload ke Youtube lancar jaya, buka blog yang banyak fotonya skali kedip (oke, mungkin yang ini berlebihan).


Kemajuan internet dan perkembangan teknologi sekarang ini yang bikin banyak orang akhirnya memanfaatkannya untuk kepentingan yang lebih besar dari sekedar mencari informasi. Seperti beberapa orang di bawah ini yang akhirnya memanfaatkan pesatnya perkembangan social media untuk mencapai kesuksesannya dengan caranya sendiri

1. RADITYA DIKA

Sekarang lo bisa nemuin blogger dimana aja. Dari yang serius nulis dan rutin update blog-nya sampe yang cuma bikin dan isinya cuma 1 update-an dan isinya, “Blog baru nih! tunggu tulisan gue selanjutnya yaaaa guys!” And then………stop. Nggak ada update yang baru lagi.

Tapi, lo pasti kenal sama dia.

Yap! He’s Raditya Dika!

Raditya Dika bermula dari blogger dan berakhir di televisi. Sekarang siapa yang nggak kenal raditya dika? Titel di belakang namanya dia lebih panjang dari macetnya sudirman. You can call him…….Raditya dika, Blogger, Penulis, MC, Pemain film, Pemain sinetron, Bintang iklan, Pembicara, dan terakhir Comic (penggilan untuk stand-up comedian)

Mau tau gimana caranya Raditya Dika bisa kaya sekarang? kayaknya kalo di ceritain satu-satu bisa panjang banget, mending lo tonton ini aja

Thank’s to internet yang udah nyebarin blog-nya dia ke seluruh indonesia dan akhirnya dibaca sama sebuah penerbit sekarang dia udah punya 5 novel, 2 komik, dan banyak acara baik off-air atau on-air.

Dan thank’s again to internet dan Raditya Dika, sekarang banyaaaakkk banget blogger yang ngikutin gaya menulis dia. Nggak percaya? coba ketik di google search “Raditya Dika blogger” pasti banyak tulisan dari blogger lain yang bilang kalo mereka terinspirasi sama Raditya Dika. Dan coba itung berapa banyak novel di toko buku yang dibuat dari blog, a few? itu cukup untuk membuktikan bahwa nggak cuma orang biasa, bahkan penerbit pun terinspirasi untuk mencetak Raditya Dika baru.

2. EVITA NUH

Ada blogger, ada juga fashion blogger. Kalo blogger semacam Raditya Dika menulis cerita sehari-harinya di blognya, kalao fashion blogger mengabadikan penampilan sehari-harinya di blognya. Salah satu yang terkenal adalah Evita Nuh.

Who is she?

Coba buka The crème de la crop dan lihat bagaimana penampilan anak perempuan berumur 12 tahun ini. Kalo menurut gue gayanya stylish, nggak biasa, tapi tetep keren dan yang penting sesuai dengan umur dia.

Yang menarik dari blogger yang mulai membuat blog sejak umur 9 tahun ini adalah kemampuannya membuat blog dengan tulisan bahasa inggris yang lancar memberinya nilai plus.

Hebatnya Evita Nuh, sebuah blog komunitas penulis fashion di Asia Tenggara, tonguechic.com memasukkan namanya dalam deretan Fashion Brights Under 16. Ia berada di posisi ketiga setelah model terkenal dari Amerika Serikat, Tavi Gevinson dan The Stylish Wanderer. Di antara para perempuan tersebut dialah yang paling muda. Menurut tonguechic.com Evita Nuh adalah Tavi Gevinson versi Asia.

Selain itu, ada satu halaman di majalah Italia, Grazia, yang khusus memuat Evita Nuh. Bahkan, menurut www.babble.com, Evita termasuk 1 dari 10 blogger muda paling berpengaruh di dunia (Top Kid and Teen Bloggers: 10 most influential young bloggers).

Click Cool kid on the blog: Evita Nuh salah satu tulisan tentang Evita Nuh di website di Paris yang berisi tentang fashion (sebenernya karena isinya pake bahasa prancis, gue nggak ngerti juga isinya apa :p)

Internet nggak cuma bikin nama Evita Nuh “jalan-jalan” ke seluruh Indonesia tapi juga bikin blognya dibaca sampai ke luar negeri bahkan keluar benua. Liat kan betapa hebatnya internet menyebarkan berita.

3. @POCONGGG

140 karakter bisa buat nulis apa? ngungkapin rasa kangen ke pacar lo yang 1 jam nggak ketemu aja kurang. Tapi untuk beberapa orang, 140 karakter punya arti lebih dari itu.

Meet @poconggg alias Arief Muhammad

Dia salah satu artis dunia maya yang menjelma jadi artis…………uuuhhmmm………….gue ga ngeliat dia banyak di tivi juga sih…………….oke, sebut saja dia…………….idola abg sekarang

Meskipun punya twitter, jujur gue nggak follow akun ini (dan respon yang paling sering gue denger, ih kenapa ga follow @poconggg? lucu tauk!!…hei, setiap orang punya kadar lucu sendiri-sendiri)

Dengan follower sebanyak 1.860.746 orang nggak heran dia jadi artis twiter. Tapi sebenernya apa yang bisa bikin dia terkenal dan punya buku sendiri bahkan film dari bukunya?

Gue punya teori sendiri, menurut gue semua gara-gara ada yang bongkar siapa sebenernya @poconggg dan mulailah tenaga ajaib internet bekerja. Satu orang menulis di akunnya, di retweet sama temennya, di tulis di blognya, di obrolin di Yahoo Messanger, nulis di Facebook, di baca sama semua orang, bikin semua orang penasaran siapa dia, apa yang dia tulis, dan akhirnya stastiun tv dan penerbit ikutan penasaran…..and whalah! Muncullah dia di tv! dan muncullah dia di toko buku dalam bentuk

Dan akhirnya novel fenomenal ini berlanjut ke layar lebar

Dari @poconggg gue mau ngomongin sedikit soal twitter. Sebenernya kalo lo twitter update, lo banyak nemuin artis-artis dunia maya yang followers-nya banyak, tapi nggak semua orang kenal aslinya. Kaya beberapa orang di bawah ini

Dan beberapa dari mereka yang udah punya suatu komunitas yang dimulai dari twitter. Dengan adanya twitter dan koneksi internet yang memudahkan kita untuk melihat apa yang terjadi oleh beberapa orang dan sifat dasar manusia untuk berkumpul dan bersosialisasi, muncullah komunitas-komunitas seru yang sebagian dari mereka mengajak kita untuk lebih mencintai lingkungan. Such as

Internet nggak cuma bikin eksis doang, tapi juga bikin eksis yang bermanfaat 🙂

4. AYU TINGTING

Pernah denger kan banyak orang yang sukses jadi bintang gara-gara youtube. Kenapa Youtube bisa bikin orang segitu terkenalnya? Karena setiap orang dimanapun bisa mengakses youtube. Dan youtube itu isinya macem-macem, dari video baru sampe video yang muncul waktu acara musik di tv cuma mtv ampuh.

Kenapa gue pilih Ayu Tingting karena menurut gue dia punya modal yang sangat bagus buat bertahan di tempat dia sekarang ini.

Video ini sebenernya di upload  taun 2010 dan udah ngetop lama di daerah jawa barat. Dan Ayu Tingting sendiri udah punya album dan lagu yang ngetop, tapi setelah “Alamat Palsu” ini, namanya baru terkenal diseluruh indonesia.

Untuk kasus yang ini, internet bekerja dengan tambahan keberuntungan. Setelah keberuntungan bekerja dengan tiba-tiba bikin semua orang menyanyikan lagu ini, internet bekerja dengan menyebarkan lagu dan videonya ke seluruh Indonesia. Dari satu orang yang mulai menyanyikan lagu ini, lalu kejadian selanjutnya (mungkin) seperti ini

A : Lagunya siapa sih tuh?
B : Ayu tingting, judulnya alamat palsu…Nggak tau? coba aja cari di Youtube
A : Males ah, lagu dangdut gitu
B : Ya udah kalo nggak mau tau
A : (Di rumah, buka internet) Ayu tingting siapa sih? (klik youtube)

Dan mulailah lingkaran itu, dari satu orang ke orang lainnya, sampe akhirnya semua orang kenal dia. Dari promosi mulut, berlanjut ke promosi di internet dari jejaring social. Akhirnya sampai sampai muncul ini

Kalo ada yang belom kenal, cowok gila 2 biji itu adalah moymoy palaboy dari Thailand. Sebenernya gue juga nggak tau asal mula kenapa sampai mereka berdua ada disini, tapi itu membuktikan bahwa mereka juga denger lagu ini.

5. Andrew Darwis

Kenal Andrew Darwis? Kaskuser di Indonesia udah nyampe 4.062.884  member, masa iya nggak kenal juga sama Andrew Darwis?

Yap! he’s the man behind The Largest Indonesian Community “KASKUS”

KasKus ini asal katanya dari KASak KUSuk, dibuat saat Andrew sekolah di Seattle, US pada tahun 1999 dengan tujuan agar anak-anak Indo yang ada di luar kalo kangen Indo bisa baca-baca berita tentang Indo. Ternyata semakin lama, yang online di kaskus semakin banyak. Itu salah satu kekuatan internet. Mau dimanapun komunitas itu dibentuk, kalo udah di taro di internet, berita bisa cepat menyebar ke seluruh dunia.

Ada satu cerita menarik dari Andrew Darwis yang saya kutip dari salah satu Thread di kaskus

” Jadi suatu hari Andrew dan partnernya datang ke kantor calon klien besar. Ngobrol-ngobrol, ternyata klien besar ini suka banget kopi luwak dan tapi ngga tau cara menyajikannya. Partner Andrew ini bilang, “Liat aja di Kaskus.” Andrew udah deg-degan abis karena pas klien besar ini ngaskus, Andrew mikir dalam hati… kalo ga ada, gimana?

Eh, ternyata ada

Klien besar ini langsung nge-print dan ngasih ke OBnya. Pas liat hasil print itu, OB ini berkaca-kaca. Guess what? Ternyata yang bikin tulisan itu adalah dia! OBnya klien besar ini. Wow!
Tulisannya itu dibingkai dan dipajang. Bangga karena dibaca jutaan orang.”

Banyak orang yang cinta dengan kaskus karena walaupun lo bukan siapa-siapa, tapi kalo ngeliat jumlah view di thread yang lo buat udah banyak, lo pasti ngerasa di apresiasi, dihargai.

Di Forum jual-beli kaskus aja perputaran uangnya bisa mencapai 80 M loh. Karena semua barang bisa di jual disitu, dari gantungan kunci yang harganya 10 ribu sampai lensa kamera yang harganya belasan juta.

Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan September 2011, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 416 juta posting.

Menurut Alexa.com, pada bulan September 2011 Kaskus berada di peringkat 251 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Dan akhirnya Andrew meninggalkan pekerjaan bergaji besarnya di Amerika dan memutuskan pindah ke Indonesia untuk mengelola kaskus. Dan sekarang semua orang di Indonesia kenal kaskus, banyak yang berhasil karena forum FJB-nya dan yang paling minim menambah pengetahuan dari forum-forum yang ada.

Kenapa Kaskus bisa segitu suksesnya? Menurut gue karena (lagi-lagi) internet dengan mudahnya bisa membuat 1 thread dibaca berjuta-juta orang. Begitu juga dengan jual beli, taro aja barang yang mau dijual, tinggalin nomer HP, lokasi dan tunggu internet bekerja. Nggak nyampe 1 menit thread dibuat bisa langsung menarik banyak orang yang membaca. Kalo produk yang lo jual emang berkualitas, maka pembeli bisa meletakkan

Dan makin banyaklah orang yang percaya dan tertarik. Dan mulailah perputaran duit lo jalan disitu. Mudah, cepat dan praktis. Itu yang bikin makin banyak orang memulai usaha dari internet.

.

.

Itu hanya beberapa contoh orang yang sukses karena internet. Walaupun internet hanya bekerja untuk menyebarkan informasi, tapi dengan keberuntungan dan kerja keras mereka, internet bisa bekerja jadi benda ajaib yang bisa membuat mereka sukses.

Kalian juga pasti bisa. Modalnya cuma kerja keras, impian yang besar dan keyakinan yang kuat. O iyah, satu lagi kunci sukses kalo mau “EKSIS DENGAN INTERNET” pake koneksi internet yang lancar, nggak lemot, nggak mudah putus dan harus murah.

Pake AXIS makanya, soalnya kamu bisa tetep up to date dan terhubung lewat lewat internet, hanya Rp 2KB. Dan buat yang mau eksis di internet, bisa coba pake paket ini (lebih jelasnya bisa klik Dunia Axis)

.

Tunggu apa lagi let’s go world wide!!

.

NB : Photos taken from twitter, google, dan kaskus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s