Metamorfosa Musik

Pasti semua tau lagu yang ini

Mau dibawa kemana hubungan kita
Jika kau terus menunda-nunda dan
Dan tak pernah nyatakan cinta
Mau dibawa kemana hubungan kita
Ku tak akan terus jalani
Tanpa ada ikatan pasti antara kau dan aku

Dijamin deh, nggak ada orang Indonesia yang nggak tau lagu diatas ini. Dari anak SD, SMP, SMA, kuliah, bahkan sampe nyokap bokap kita aja pasti tau.


Barusan gue denger lagunya di TV. Lirik dan musicnya yang mudah diinget mungkin yang bikin lagu ini jadi ngetop dalam sesaat (dan RBTnya yang laku banget itu)

Mungkin ada yang pernah denger ini

atau ini

tapi ada nggak yang pernah denger ini

atau ini

Kalo dilihat dari video-video diatas, lagu yang bisa dibilang biasa banget bisa berubah. Tapi kebanyakan diubah jadi Jazz. Kenapa harus Jazz? Menurut gue karena Jazz dianggep sebagai musik yang bisa diterima kalangan atas. Dan biar musik yang biasa banget ini bisa diterima dan dianggep musik “keren” (sengaja dengan tanda kutip karena nggak semua orang menganggap itu keren) makanya para pemain musik ini mengubahnya jadi (kebanyakan) Jazz.

Setelah gue kasih tau teme-temen gue soal metamorfosa lagu ini, komentar yang gue dapet memang berbeda-beda

A : Ih, musiknya beda, siapa yang nyanyi nih?

B : Wah, lagunya jadi keren nih!

C : Kok jadi ngantuk ya gue denger lagunya?!

D : Tapi kok lama-lama bosen ya?! Jadi lebih mellow gini lagunya

Dan ternyata nggak semua orang beranggepan bahwa musik ini jadi lebih enak setelah diubah. Selera orang memang berbeda-beda. Kaya vokalis armada yang awalnya beraliran metal, gara-gara dipaksa oleh label mereka akhirnya menjadi beraliran melayu.

Yang menjadi pertanyaan gue setelah mendengar metamorfosa lagu ini…….

Yang hebat penyanyi aslinya apa komposer yang mengubah lagu ini ya??

Leave a Reply

